Rambut Keriting Membuat wanita Menawan

Written By Kom Limpulnam on Sabtu, 21 April 2012 | 23.18

Rambut Keriting Membuat wanita Menawan GAYA rambut keriting kembali mendapat tempat di hati para wanita. Kali ini model ikalnya lebih natural, yang memungkinkan penampilan wanita lebih menawan.

Gaya rambut keriting yang sekarang in memang bukanlah yang pertama kali ada. Tapi sejak dahulu gaya rambut keriting sudah diperkenalkan dan menjadi terkenal di zamannya. Namun, dari semua model keriting yang tren saat itu memiliki kesamaan ciri dengan memperlihatkan rambut yang terkesan berat dan sulit diatur, meski tetap memberikan kesan seksi dan anggun.

Sebagai contohnya gaya rambut yang popular di abad ke-14. Model yang menonjol adalah penataan rambut tinggi di atas kepala. Model seperti ini biasanya dipakai oleh para wanita kaya. Mereka biasa menarik rambutnya ke atas yang kemudian dihiasi oleh gulungan kawat yang disamarkan dengan keriting, terkadang rambut juga digulung dan dikeriting kecil pada bagian tepinya.

Lain lagi dengan gaya rambut keriting pada pertengahan abad ke-16. Saat itu para wanita kaya mulai mengeriting rambutnya, walaupun kepala mereka ditutupi topi, tapi tetap diusahakan terlihat. Dan di abad ke-17 di era baraque, ekspresi artistik para penata rambut menjadi berlebih. Wig (rambut palsu) untuk wanita menjadi sangat popular.

"Para wanita menghiasi kepalanya dengan rambut keriting yang didapat dengan menggunakan gulungan pemanas sebagai pembentuk rambut keriting. Rambut keriting pada zaman itu sangat diminati, dari keriting bergelombang besar hingga keriting ular," tulis penata rambut Jhonny Andrean dalam bukunya "Gaya Rambut Keriting".

Jhonny menjelaskan, model rambut berkembang menjadi lebih sederhana di abad ke-18. Saat itu Louis XIV merasa lelah dengan rambut dan kehidupannya. Namun, para penata rambut menjadi begitu ahli dalam membangun rambut dengan tatanan yang lebih tinggi. Rambut keriting ditata menjulang ke atas dengan hiasan dibuat lebih beragam, seperti renda, pita, bulu-bulu, mutiara, dan bunga.

"Koran saat itu membuat ejekan model rambut seperti ini dan memprotes model rambut yang datang dari para penata rambut. Rambut seperti ini juga menjadi bahan tertawaan karena menyulitkan para wanita," tambahnya.

Johnny menjelaskan, abad ke-19 gaya rambut mulai berubah. Saat itu, dengan adanya revolusi, para wanita Prancis mengadopsi rambut pendek berpotongan bob. Terkadang potongan rambut model ini dihiasi keriting pada bagian bawah leher. Maddame Recamiere, trendsetter saat itu, menarik rambut keritingnya yang berpotongan pendek ke arah belakang dengan menyisakan sebagian rambutnya yang tetap menghiasi seputar wajah. Gaya ini banyak ditiru wanita saat itu.

"Karl Nassler, seorang Jerman menemukan mesin pengeritingan rambut pernamen tahun 1904. Namun, dibutuhkan waktu 12 jam untuk membentuk rambut menjadi keriting. Penemuaan ini menjadi kurang popular setelah Perang Dunia I," jelasnya.

Selanjutnya Johnny memberikan informasi bahwa gaya rambut keriting terus mengalami perkembangan. Contohnya di tahun 1920, di mana banyak wanita merasa seperti pria jika tidak memberi efek keriting pada rambut bob-nya.

Menjalar ke tahun 1930, sambung Jhonny, tampak para aktris terkenal seperti Myrna Loy, Irene Dunne, Sylvia Sidney, dan Rosalind Russell mengeriting rambutnya dengan keriting gelombang yang natural atau keriting yang dibentuk dengan jepit.

"Keadaan ini berubah saat film, saat itu Gone With the Wind beredar dengan pemeran utamanya Vivien Leigh sebagai Scarlett tampil dengan rambut panjang, hitam, dan bergelombang. Maka, kepopuleran gaya rambut pun bergeser menjadi panjang dan hitam," paparnya.

Selanjutnya, Jhonny menceritakan pada tahun 1941, Veronica Lake, aktris terkenal saat itu tampil dengan rambut pirang panjang bergelombang dengan penataan yang dibuat menutup sebagain wajahnya dalam film I wanted Wings. Tiba-tiba saja semua orang mengadopsi gaya rambut semacam ini.

"Di tahun 40-an ini, banyak wanita yang tampil dengan gaya rambut bagian atas flat lalu diberi gelombang pada bagian bawah, termasuk aktris terkenal Rita Hayworth yang menjadi ikon saat itu," terangnya.

Tahun 1970 berbeda lagi. Saat banyak wanita keriting mulai meluruskan rambutnya atau menggulung rambutnya. Variasi gabungan lurus dan gelombang yang begitu popular adalah gaya rambut Farrah Fawcett, panjang bergelombang dengan layer di tepinya. Menurut Jhonny, model rambut semacam ini bertahan lama dan juga gemanya melanda hingga Indonesia.

"Menjelang akhir tahun 1990, rambut panjang mulai diberi volume dengan bentuk huruf ?~S' yang longgar. Keriting milinium ini dipopulerkan oleh Dyan Cannon seorang aktris televisi," jelasnya.

Perkembangan di tahun 2000 lain lagi, ketika bintang Felicity, Keri Rusell mengeriting seluruh rambutnya, rating untuk show-nya melonjak naik. Rusell pun menerima banyak kontrak. Kemudian, model rambut semacam ini mulai banyak diikuti para wanita. Para wanita merasa glamor dengan gaya rambut semacam ini, dikeriting, digulung, atau dibuat gelombang.

"Di tahun 2008 ini gaya rambut keriting lebih berkesan natural dan modern. Wanita dari latar belakang profesi apa saja bisa mencoba gaya seperti ini," kata Jhonny yang ditemui di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis Rambut Keriting Membuat wanita Menawan 

Anda sedang membaca artikel tentang

Rambut Keriting Membuat wanita Menawan

Dengan url

http://bergayasantai.blogspot.com/2012/04/rambut-keriting-membuat-wanita-menawan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rambut Keriting Membuat wanita Menawan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rambut Keriting Membuat wanita Menawan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger